Karya Lukis Raden Saleh
Di Perancis wawasan seni RS banyak dipengaruhi oleh gaya romantisme
dari Pelukis Horace Vernet dan Gericault, dan mungkin juga tokoh
romantisme terkenal Delacroix. RS mengkhususkan diri pada dunia
pelukisan hewan yang dipertemukan dengan sifat agresif manusia.
Karya-karyanya yang tidak biasa menunjukkan perpaduan nilai Jawa dan
budaya Eropa. Menjadikannya sebuah aliran baru bagi pecinta seni.
Dr. Werner Kraus menyatakan, Raden Saleh adalah pelukis yang sejajar
dengan pelukis ternama. Bahkan, dia memiliki kekhasan tersendiri, yakni
karya lukisannya tetap tidak meninggalkan jati dirinya sebagai se orang
Jawa Salah satu bukti pembenarannya ada dalam lukisan ”Banjir di Jawa”,
yang teknik lukisan dan hasil lukisannya menyamai lukisan ”Raft of
Medusa (Rakit Medusa)” karya Gericault. Pada lukisan itu terpancar
suasana mencekam dan ekspresi orang-orang Jawa yang ketakutan akibat
banjir yang menerjangnya sebagaimana ekspresi ketakutan orang-orang
dalam Lukisan ”Rakit Medusa”.
Beberapa lukisan Raden Saleh yang menggambarkan perlawanan terhadap
penjajahan antara lain “Perkelahian dengan Singa” dan “Gunung Merapi dan
Merbabu”. Kedua lukisan itu dibuat tahun 1870 dengan gaya romantisme
paradoks. Kedua lukisan itu sebagai bentuk perlawanan terhadap kolonial
Belanda atas perlakuan terhadap dirinya yang semena-mena. Tanpa
prosedur, ia ditangkap dan diadili oleh pemerintah kolonial Belanda
karena dituduh terlibat dalam pemberontakan Bekasi 1869……. Pada lukisan
“Antara Hidup dan Mati” (1848) digambarkan seekor banteng besar sebagai
lambang bangsa Indonesia melawan dua ekor singa jantan dan betina
sebagai lambang kolonial Belanda.
Sebagai pelukis, Raden Saleh dimunculkan sebagai legenda karena
kualitas lukisan-lukisannya memang istimewa. Lukisan-lukisannya
mempunyai aura yang sanggup menahan keabadian (hlm 144).
Menurut Werner Kraus, jumlah lukisan yang dibuat Raden Saleh 230
buah, tetapi sekarang di dunia ini hanya tinggal 150. Sisanya
kemungkinan sudah hilang, Sebagian terbakar pada 1931 dalam Pameran di
Paris.”
Nasionalisme
Salah satu karyanya yang terkenal dan mengandung makna yang syarat
dengan nasionalisme adalah “Penangkapan Pangeran Diponegoro (1857)
Pengarang buku “Kuasa Ramalan”, Peter Carey menulis: ”…. Dua
puluh lima tahun setelah Pieneman melukis adegan “penyerahan diri” yang
heroik oleh Pangeran itu, seniman lain, kali ini seorang Jawa, Raden
Saleh Syarif Bustaman (sekitar 1811–1880), menghasilkan lukisan yang sangat
berbeda. Dengan judul dalam bahasa Jerman “Ein historisches Tableau,
die Gefangennahme des Javanischen Häuptlings Diepo Negoro” (Suatu
lukisan [cat minyak] bersejarah, penangkapan Pemimpin Jawa Diponegoro),
yang diselesaikan di studio Raden Saleh di Cikini (sekarang RS Cikini)
tahun 1857 dan kemudian diserahkan kepada Raja Belanda, Willem III
(bertakhta 1849–1890), dengan sikap aneh yang bermakna ganda. Karya ini
memperlihatkan emosi yang luar biasa. Seorang Diponegoro yang jelas
tampak berang berdiri tegak di bagian tengah lukisan, baru saja menaiki
tangga Wisma Residen. Dengan berusaha keras mengendalikan gejolak
hatinya, tatapannya sarat dengan tekad membara. Tangan kirinya terkepal
melintang di pinggang, ia merentangkan tangan kanannya untuk menghibur
seorang perempuan Jawa yang menangis— mungkin istrinya, Raden Ayu
Retnoningsih, di sini suatu hasil kebebasan mencipta. (Karena) Tidak ada
perempuan dalam rombongan Diponegoro pada saat penahanannya. … –yang
dengan penuh kepedihan merengkuh kakinya. Seperti digambarkan oleh Kraus
(2005:285– 6) dengan sangat hidup, wajah De Kock dan perwira Belanda
lain tampak kosong seolah-olah menatap ke kejauhan.”
Dr I Ketut Winaya, dalam disertasinya di Universitas Udayana (2007) (
dan Buku: “Lukisan Lukisan Raden Saleh, Ekspressi Anti Kolonial”;
Galeri Nasional 2008) menegaskan “semangat antikolonial Raden Saleh
lewat pembacaan lukisan-lukisannya ….. pada lukisan potret H.W. Daendels
di latar belakang figur gubernur jenderal itu bukan hanya pemandangan
tropis nan molek, melainkan juga “tampak banyak terlukis bentuk manusia…
mengingatkan… bahwa gubernur jenderal ini yang memerintahkan
pembangunan jalan sepanjang 1.000 kilometer… yang banyak menelan korban
rakyat.” (halaman 80)
….pada potret Bupati Majalengka, keris yang disandang di samping
dengan kepala keris mengarah ke depan menyimbolkan bupati ini sedang
siap berperang. Dengan lukisan ini, “seolah- olah secara terbuka ia
[Raden Saleh] kembali ke Indonesia siap siaga untuk memproklamirkan
perang melawan kolonialisme.” (halaman 104)
….pada lukisan Penangkapan Pangeran Diponegoro, di antara
prajurit Diponegoro ada sosok Raden Saleh sendiri. Mudah disimpulkan
bahwa sang pelukis menyatakan mendukung perlawanan ini; bukankah di
antara keluarganya ada yang menjadi panglima Perang Diponegoro? Dan ini,
kostum Pangeran Diponegoro, “apabila diamati dengan baik, di atas dan
di tengah-tengah sorbannya diketemukan warna merah dan putih.”
……. “dalam hal ini jelaslah bahwa Raden Saleh mempergunakan
lambang atau simbol merah putih tersebut sebagai bentuk perlawanan dalam
ekspresi lukisan-lukisan antikolonial….” (halaman 112)
Menurut Carey, bahwa selama Raden Saleh berada di Paris, ada
dugaan kuat bahwa Raden Saleh membocorkan kepada Pers mengenai
pengasingan Pangeran Diponegoro, dan tulisan media setempat menyebabkan
Kerajaan Belanda membuat bantahan keras melalui Duta Besar Belanda di
Paris.
Prestasi lain
Raden Saleh juga menjadi anggota kehormatan Perhimpunan untuk Kebun
Binatang dan Tumbuh- tumbuhan di Batavia; anggota kehormatan Perhimpunan
Betawi untuk Seni dan IImu Pengetahuan (Bataviaasch Gennootschap voor
Kunsten en Wetenschap); dan keanggotaannya untuk Koninkijk Instituut
voor de Taal, Land-en Volkenkunde di negeri Belanda; dan Natuurkundig
Verreninging in Nederlandsch Indie (Perhimpunan IImu Pengetahuan Alam di
Hindia Belanda). Juga menjadi konservator pada “Lembaga Kumpulan
Koleksi Benda-benda Seni”.
Peringatan dan Penghargaan
Para Raja zaman itu menganugerahinya tanda penghargaan, yang RS
sematkan di dada. Di antaranya, bintang Ridder der Orde van de Eikenkoon
(R.E.K.), Commandeur met de ster der Frans Joseph Orde (C.F.J.),
Ksatria Orde Mahkota Prusia (R.K.P.), Ridder van de Witte Valk (R.W.V.),
dll.
Pada tahun 2008, sebuah kawah di planet Merkurius diberi nama dari Raden Saleh.
Penghargaan dari Pemerintah Indonesia
Pada tahun 1969 Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, memberikan
secara anumerta Piagam Anugerah Seni sebagai Perintis Seni Lukis di
Indonesia.
Perhatian Pemerintah yang lain adalah, pembangunan makamnya di Bogor
atas perintah Presiden Soekarno (1953) yang dilakukan oleh Ir. Silaban.
Pemugaran dan perbaikan makam dilakukan pada 2008 oleh Departemen Budaya
dan Pariwisata.
PTT mengeluarkan perangko seri Raden Saleh dengan reproduksi dua lukisannya bergambar binatang buas yang sedang berkelahi.
Pada 11 Nopember 2011 Pemerintah R.I. menganugerahkan Bintang
Mahaputera Adiprana kepada RS, Satya Lencanan tertinggi yang diberikan
kepada seorang warga Negara Indonesia.
Indonesia boleh berbangga karena karya salah seorang puteranya
dipamerkan dalam museum museum akbar di Eropah, seperti Rijkmuseum,
Amsterdam, Belanda, dan juga dipajang di museum bergengsi Louvre, Paris,
Perancis. Sayangnya beberapa lukisan Raden Saleh telah musnah didalam
kebakaran Pavilyun Kolonial Belanda dalam Pameran Internasional di Paris
pada 1931.
Prestasi artistiknya mengangkat prestise RS didunia Internasional, dan karenanya patut dikenang dan dihargai dengan rasa bangga.
0 comments:
Posting Komentar