Selasa, 15 November 2016



NGARAI TANPA ARAH

tidak selamanya kita selalu berada dititik kebahagiaan secara terus - menerus, ada kalanya kita berada disuatu kondisi yang benar - benar membuat kita tidak semangat, tidak ada gairah untuk menjalaninya dan mungkin pada kondisi itu kita berada benar - benar diambang keterpurukan.

merasa down dalam hidup adalah hal yang wajar, ibarat sebuah putaran roda yang terus berputar, ada kalanya kita dipuncak dan tentunya terkadang kita berada dibawah. banyak diantara kita ketika saat datang masalah yang bertubi - tubi kita merasa tidak sanggup lagi untuk bertahan, mental kita benar - benar down.

memang benar adanya merasa down itu wajar, tapi jangan pernah sekali - kali kita menggunakan alasan itu untuk berlarut - larut dalam masalah itu, kita harus bangkit, kita harus belajar memotivasi diri kita disaat masalah yang membuat kita down itu datang.

memotivasi diri sendiri itu sebenarnya gampang - gampang sulit, tidak semua orang bisa memotivasi dirinya sendiri, terkadang seseorang membutuhkan pegangan untuk membantunya untuk keluar dari keterpurukan. motivasi simpel dari saya untuk kalian sebelum menjelaskan isi artikel secara keseluruhan "jika kalian tidak bisa tertawa untuk lelucon yang sama, lantas kenapa ada terus bersedih untuk masalah yang sama ?"

berikut adalah cara memotivasi diri sendiri ketika masalah datang bertubi - tubi, ketika kita sedang down, maupun saat kita merasa bahwa dunia ini bukan lagi hal yang indah. semoga tips yang akan saya berikan membantu kalian dan membuat kalian semangat lagi :) .

1. bersedihlah dan menangislah, lalu bangkit.
Memotivasi Diri Sendiri Ketika Lagi Down

menangis bukan hal yang buruk, menangis bukan berarti kita lemah, ada kalanya kita harus menangis ketika sebuah senyum tidak mampu menahan betapa baratnya masalah, betapa sakitnya kesedihan ini, dan betapa tertekannya kita, jadi jika itu membantu melegakan sedikit bebanmu maka menangislah sekeras mungkin dan bersedihlah, biarkanlah dirimu melepas sedikit masalahmu, biarkanlah ragamu mengeluarkan emosimu, biarkanlah air matamu membanjiri pipimu.

namun setelah itu hapuslah air mata mu, lihat dirimu, jika kau sudah merasa baikan berikan sebuah kata - kata kepada dirimu sendiri, "aku tidak bisa terus menerus begini" ketika kata - kata itu sampai ke bagaian terdalamu , bangkitlah, perlahan namun pasti hadapi masalahmu, selesaikan dan biarkan jadi kenangan. saat kau berhasil bangkit dari down mu dan berhasil mengatasi semuanya tentunya itu akan menjadi salah satu memori yang akan menjadi saksi perjalanan hidup kita.

kadang masalah yang kita hadapi sekarang akan menjadi sebuah cerita klasik kita dimasa depan, dengan semangat yang mengebu - gebu kita akan menceritakan kisah itu kepada istri, suami maupun anak - anak kita nanti, sangat mengasikan bukan, jika kita punya cerita penuh motivasi yang akan kita ceritakan kepada anak - anak kita, apalagi cerita itu memotivasi mereka dalam menjalani hidupnya seperti kedua orang tuanya.

2. satu langkah kecil untuk keluar dari zona down
Memotivasi Diri Sendiri Ketika Lagi Down

saat dilanda rasa galau karena patah hati, stres karena tugas atau tuntutan kerja ataupun sedih kehilangan seseorang disitulah kita akan down baik mental maupun raga, tetunya untuk bebrapa saat kita butuh ketenangan atas masalah yang datang namun jangan berlarut larut mencari ketenangan segeralah keluar dari zona itu.

cobalah untuk keluar dari zona itu dengan satu langkah kecil, sebuah cara sederhana menghilangkan atau paling tidak mengurangi sedikit masalah kita, sedikit contoh, ketika kita sedang patah hati oleh orang yang kita kasihi, tentunya kita akan merasa sedih, kita tidak boleh larut dalam kesedihan, carilah solusi untuk keluar dari kesedihan, seperti mencari hobi baru untuk melupakan sejanak rasa sedih itu ataupun bisa ngumpul bersama teman lama.


terkadang satu langkah kecil merupakan awal dari langkah besar, teruslah melangkah maju kedepan, jikapun harus berhenti karena sebuah kerikil ataupun rintangan besar tidak ada salahnya berhenti sejenak, ketika merasa sudah cukup, maka mulailah lagi dengan langkah kecil untuk sebuah perubahan dalam kehidupan kita.

 3. mencoba fokus pada satu tujuan.
Memotivasi Diri Sendiri Ketika Lagi Down

terlalu banyak beban yang dipikul terkadang membuat kita capek dan stres, semakinbanyak lagi beban semakin kitamerasa down, seperti halnya kendaraan juga kalau sudah melebihi kapasitasnya maka akan terjadi hal yang sama. dapatkah kita memotivasi diri kita untuk lebih kuat menjalani semua beban atau masalah yang kita bawa.

jawabanya sudah pas sangat bisa, kita hanya harus memastikan bahwa kita "MAMPU" dan fokus menghadapinya. fokus pada satu hal saja yang kita kerjakan merupakan hal yang sangat efektif dalam membangun kembali motivasi yang tadinya sempat down. ibaratnya kita memiliki 10 masalah yang wajib kita selesaikan hari ini, karena tugas yang begitu bnayak kita akan meratapi hal tersebut dan tidak mungkin bisa di kerjakan semuanya. setelah kita berfikir seperti itu alhasil kita akan down dan tidak ada niatan untuk menyelesaikannya karena kita berpikir itu adalah hal yang mustahil apabila dikerjakan semuanya.

tapi berbeda halnya kalau kita megerjakan 10 tugas tersebut dengan menyelesaikannya satu persatu, akan besar perbedaanya menyelesaikan pekerjaan dengan fokus pada satu pekerjaan dulu dengan fokus pada semuanya.

apabila kita misalnya menyelesaikan satu saja perkerjaan dari sepuluh pastilah ada rasa lega karena menyelesaikan satu dari sepuluh dan otomatis meningkatkan motivasi. nah dari sekarang mulailah fokus pada satu goal atau satu tujuan saja agar motivasi dalam diri kita tidak down lagi yang dapat menghambat semua kinerja kita dalam hal apapun.

4. Minta bantuan teman atau sahabat.

Memotivasi Diri Sendiri Ketika Lagi Down

sekuat apapun,seteguh apapun, sepenyediri apapun orang pastilah membutuhkan seseorang untuk diajak sekedar mengobrol saja. tidak ada manusia didunia ini yang tidak saling membutuhkan, antar satu dan lainnya pastilah saling membutuhkan, penjual butuh pembeli contohnya.

begitupun kita. ketika lagi down tidak ada salahnya bukan kita menghubungi temen atau sahabat kita untuk berbagi, menceritakan sedikit masalah  dan meminta solusi, kadang solusi teman atau sahabat memberi jalan keluar atas masalah kita. atau jika kalian termasuk orang yang tidak bisa menceritakan masalah pada orang lain yah cukup berbincang - bincang untuk memperbaik mood yang telah hancur akibat motivasi yang telah down tadi.

5. ubah mindset ada ke arah yang selalu berpikir positif
Memotivasi Diri Sendiri Ketika Lagi Down
Memotivasi Diri Sendiri Ketika Lagi Down

rasa down, galau, sedih dan banyak hal lagi itu adalah buah hasil dari pikiran negativ kita, semuanya keluar dari mindset kita bahwa kita seperti itu, mindset seperti itulah yang menyebabkan kita down dan kurang motivasi.

mengubah mindset untuk selalu berpikir positif itu gak terlalu sulit selagi ada kemauan pasti ada jalan. kita harus berfikir bahwa pikiran negatif hanya membawa masalah untuk kita dan banyak - banyaklah memandang segala situasi masalah dengan pikiran positif. membentuk pola pikir yang selalu positif itu sangat mudah mengubah kata "mungkin" menjadi "pasti" , seperti 'mungkin aku bisa melakukannya" diubah "pasti aku bisa melakukanya.

 apabila pola pikir kalian sudah kejalan yang sharusnya, motivasi dan tekad pasti akan mengikuti, berfikiran positif memang cara yang efektif untuk membangun motivasi yang down. jika motivasi kalian tinggi, tentunya kualitas hidup juga akan tinggi. bukankah begitu ?

6. Buatlah sesuatu yang membuat kamu termotivasi.
Memotivasi Diri Sendiri Ketika Lagi Down
Memotivasi Diri Sendiri Ketika Lagi Down

carilah sesuatu hal yang ketika melihatnya langsung menambah motivasi, entah itu dalam bentuk kata - kata, gambar, vidio atau apapun sesuai keinginan dan selera kalian, mudah bukan, jika sudah, taruhlah ditempat kalian akan melihatnya setiap hari baik itu didalam komputer atau dalam bentuk tempelan kertas didinding kalian.

kalau saya sendiri lebih suka dalam bentuk vidio, saya menaruhnya dilaptop dan di handphone, setiap hari sebelum beraktifitas saya selalu menyempatkan diri untuk menonton beberapa vidio motivasi. hal ini sangat membantu saya sendiri secara pribadi.

jika anda bingung mau mencari sumber - sumber motivasi, sekarang sudah mudah kok mencarinya, di internet sudah tersedia, tinggal pilih sesuai selera, kalau saya sendiri lebih memilih vidio motivasi yang dibawakan oleh mario teguh, kata - kata beliau sangat tegas dan dalam maknanya, saya selalu terhanyut oleh gaya dia berbicara dan isi yang dia sampaikan.

0 comments:

Posting Komentar